Jumat, 16 April 2010

Kesabaran

Salah satu bentuk kasih adalah sabar. Kasih itu sabar. Kasih akan menginspirasi Anda untuk menjadi orang yang sabar. Dan apakah hal itu mudah dilakukan? Tidak. Menjadi sabar adalah hal yang sangat sulit. Tapi, saat Anda memilih untuk bersabar, respon hati akan menjadi positif di saat kondisi yang negatif.

Dengan hati yang sabar, Anda tidak akan cepat marah. Anda memilih untuk menahan daripada mengungkapkan kemarahan. Daripada menjadi terburu-buru dan menuntut, kasih membantu Anda untuk tenang dan mulai memberikan pengampunan kepada orang-orang yang telah menyakiti hati Anda.

Seandainya saja tidak ada kesabaran, apakah yang akan terjadi? Apakah emosi akan bermanfaat? Setiap emosi dan sikap ketidaksabaran tidak akan pernah bermanfaat sama sekali, bahkan akan merugikan hidup Anda.

Jika Anda tidak sabar, konflik yang terjadi akan semakin membesar dan tidak terselesaikan. Akan terjadi pertengkaran jika kedua belah pihak yang berkonflik tidak ada yang mau sabar, bahkan dapat berujung kepada perlawanan fisik. Kalau sudah demikian, maka terjadilah perpecahan, dan tidak hanya hati Anda yang menjadi semakin tidak menentu, namun hal itu juga dapat berakibat buruk kepada kesehatan Anda, karena emosi dapat menaikkan tekanan darah dan mungkin bisa menyebabkan Anda terserang penyakit darah tinggi.

Bersabarlah apapun kondisinya. Walaupun Anda adalah orang yang mudah marah dan sulit untuk mengontrol emosi, namun tidak ada salahnya jika Anda belajar untuk bersabar mulai dari sekarang. Dengan kesabaran, respon hati akan menjadi lebih baik. Akan ada ketenangan di dalam diri dan orang lain pasti akan merasa senang. Karena tidak ada orang yang senang berada bersama orang yang tidak sabar.

Bersabarlah, jangan marah. Sebuah kemarahan adalah tindakan yang salah dan akan membuat Anda menyesal pada akhirnya. Kemarahan tidak pernah membuat segala sesuatu menjadi lebih baik. Bahkan hal ini akan menambah masalah dalam hidup anda.

Biarlah Anda yang menguasai emosi Anda, dibandingkan emosi yang menguasai Anda. Emosi hanya akan mengakibatkan kejahatan dibalas dengan kejahatan. Siapapun yang menyakiti perasaan Anda, bersabarlah dengan diam terlebih dahulu, jangan langsung marah secara otomotis. Marah tidak ada gunanya.

Dengan sikap yang sabar, Anda bisa dengan mudah mencari penyebab masalah dan menemukan jalan keluarnya. Dengan kesabaran, Anda telah menyebarkan obat keseluruh tubuh Anda.

Bersabarlah kepada semua orang. Bersabarlah ketika orang tua berbeda pandangan dengan Anda. Bersabarlah ketika teman melakukan kesalahan kepada anda. Bersabarlah ketika pacar menyakiti hati Anda. Bersabarlah di dalam setiap kesesakan yang terjadi. Karena di mana ada kesabaran di situ ada ketenangan. Jadi, apakah Anda mau belajar bersabar? Itu semua tergantung Anda. Sabar adalah pilihan. Namun percayalah, dengan kesabaran Anda nantinya, segala sesuatu akan terasa lebih baik.

”Orang yang sabar besar pengertiannya, tetapi siapa cepat marah membesarkan kebodohan.” Amsal 14:29.

Tidak ada komentar: