Selasa, 20 April 2010

Kesedihan dan Kebahagiaan

Dalam kehidupan ini pasti ada yang namanya suka maupun duka. Itulah proses kehidupan yang harus dijalani. Terkadang, ketika Anda mendapatkan suatu masalah yang membuat Anda sedih, Anda menjadi begitu terpuruk seakan Anda adalah orang yang paling berduka di dunia ini. Padahal, itu hanyalah perasaan yang terlalu berlebihan.

Jangan karena satu hal yang dapat membuat Anda sedih, Anda melupakan banyak hal yang dapat membuat Anda bahagia. Anda harus bangkit. Bukan perasaan yang menguasai Anda, tapi Anda yang harus menguasai perasaan Anda.

Memang hal itu tidak mudah dilakukan. Mengapa? Karena Anda hanya melihat satu titik kesedihan di dalam hati Anda dan melupakan banyak titik sukacita yang berada di sekitarnya. Ketika Anda sedih, Anda hanya berfokus kepada satu titik kesedihan itu. Sedangkan hal-hal indah dalam hidup Anda seakan tidak ada artinya lagi. Hal itulah yang membuat Anda terpuruk dan tidak bisa menikmati hidup.

Sadarilah lagi apa yang bisa membuat diri Anda bahagia. Ingatlah hal-hal yang dapat membuat Anda tersenyum. Lakukanlah semua itu untuk menghibur diri Anda sendiri, sehingga suasana hati bisa terasa lebih baik dan Anda bisa sedikit melupakan kesedihan yang terjadi.

Dengan menyadari bahwa banyak hal bahagia yang ada di dalam hidup ini, Anda akan menjadi orang yang penuh dengan ucapan syukur kepada Tuhan. Anda juga akan menjadi orang yang tidak mudah terpuruk ketika kesedihan menghampiri. Anda akan menjadi lebih kuat dan tidak mengeluh atas cobaan yang terjadi.

Berpikirlah positif, walau mungkin masalah Anda tidak menjadi selesai begitu saja dengan mengingat hal-hal bahagia dalam hidup Anda. Namun respon hati Anda yang akan berubah menjadi lebih baik ketika Anda melakukannya. Anda akan merasa lebih bersyukur walaupun ada masalah yang membuat Anda sedih. Ada kekuatan baru yang membuat Anda tidak akan berlarut-larut di dalam kesedihan.

Mulailah belajar mensyukuri apapun yang terjadi. Walaupun ada kesedihan, pasti juga ada kebahagiaan. Tuhan juga punya rencana indah di dalam setiap masalah. Dengan adanya masalah, maka Anda akan belajar bagaimana mengatasinya. Pasti ada kebahagiaan jika bisa diselesaikan dengan baik. Masalah yang terjadi bukan untuk membuat Anda sedih dan terpuruk, tapi untuk menguji seberapa jauh Anda dapat bertahan dalam setiap pencobaan. Andalkan Tuhan, serahkan segala pergumulan yang ada.

Jangan melupakan hal-hal yang bahagia karena satu hal yang sedih. Kesedihan bukan untuk diratapi. Kesedihan adalah warna kehidupan selain kebahagiaan. Berbahagialah setiap orang yang bisa mensyukuri apapun yang terjadi karena mereka yang akan menikmati hidupnya dengan baik. Percayalah, pasti ada pelangi sehabis hujan.

Tidak ada komentar: