Sabtu, 17 April 2010

Murah Hati

Murah hati merupakan suatu tindakan kasih yang akan mendukung kondisi positif terjadi. Saat menjadi orang yang murah hati, orang lain melihat Anda sebagai orang yang baik buat hidup mereka.

Murah hati berarti mau melayani orang lain dan menolong mereka tanpa mempermasalahkan kepentingan sendiri. Murah hati adalah sikap mementingkan kepentingan orang lain di atas kepentingan pribadi. Murah hati itu tidak egois, selalu berfokus kepada orang lain.

Murah hati memikirkan jauh ke depan dan kemudian mengambil langkah pertama. Orang yang murah hati akan menjadi orang yang mengambil inisiatif untuk melakukan kasih terlebih dahulu. Nah bagaimana dengan hidup Anda? Coba selidiki hati dan mengingat kembali apa yang pernah Anda lakukan untuk orang lain sebagai wujud kemurahan hati?

Memang tidak mudah menjadi orang yang murah hati, tapi dengan bermurah hati, Anda telah melakukan sesuatu hal yang mulia, yaitu menjawab kebutuhan orang lain dan menyenangkan hatinya. Betapa indahnya hidup jika dipenuhi dengan orang yang murah hati.

Anda tidak perlu memulai bersikap murah hati dengan tindakan yang langsung begitu besar, namun Anda bisa mulai mempraktekkannya dari hal-hal kecil terlebih dahulu yang pasti tidak melebihi kemampuan Anda.

Misalnya, jika ada teman yang sakit, Anda bisa dengan segera datang menjenguknya, memberinya semangat, dan merawatnya hingga sembuh. Jika ada teman yang mau pindah rumah atau kos, Anda bisa berinisiatif membantunya tanpa harus diminta bantuan terlebih dahulu. Dan juga jika ada orang terdekat yang sedang mengalami masalah, Anda bisa memberikan waktu untuk menunjukkan kepedulian Anda dan memberinya semangat. Sikap murah hati bisa ditunjukkan lewat setiap pengorbanan, baik dalam bentuk materi, tenaga, waktu, dan moral.


Jadi, sekarang adalah keputusan Anda apakah Anda mau menjadi orang yang murah hati. Jika mau, berarti Anda telah siap untuk memberi hidup Anda kepada siapa saja yang membutuhkan. Dengan menjadi orang yang murah hati, Anda akan membuat orang lain bahagia dan tentu saja Anda juga akan merasa bahagia.

” Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati - Lukas 6:36.”

” Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan - Matius 5:7.”

Tidak ada komentar: