Minggu, 18 April 2010

Untuk Segala Sesuatu Ada Waktunya

Untuk segala sesuatu ada masanya. Untuk apapun di bawah langit ada waktunya. Ada waktu untuk lahir, ada waktu untuk meninggal. Ada waktu untuk menangis, ada waktu untuk tertawa. Ada waktu untuk berdiam diri, ada waktu untuk berbicara. Ada waktu untuk mengasihi, ada waktu untuk membenci, ada waktu untuk perang, ada waktu untuk damai.

Sadarilah setiap hal yang terjadi dalam hidup ini. Sadarilah setiap masa yang Anda lewati. Sadarilah keadaan Anda sekarang. Dan percayalah jika Tuhan membuat segala sesuatu indah pada waktunya.

Tapi mungkin Anda sekarang mengeluh dengan banyak hal yang terjadi dalam hidup ini. Anda tidak mengerti mengapa cobaan ini dan itu terjadi. Anda tidak mengerti apa rencana Tuhan. Hidup Anda hanya dipenuhi dengan keluh kesah, tidak ada rasa bersyukur lagi.

Jika Anda mulai merasa down seperti itu, ingatlah jika segala sesuatu ada masanya. Ada waktu di mana Anda down karena proses hidup yang terjadi terus menerus di dalam hidup, tetapi ingat juga jika ada waktu di mana Anda seharusnya bangkit dari rasa down tersebut.

Hidup tidak hanya dipenuhi dengan kesenangan yang selalu ingin dinikmati, tapi hidup juga dipenuhi dengan kesedihan yang harus dijalani. Semua hal yang telah dan yang akan terjadi adalah karena rencana Tuhan.

Seperti dalam hidup Anda, mungkin ketika sebelum lulus kuliah, Anda merasa berat jika harus belajar dan mengerjakan banyak tugas dari satu semester ke semester berikutnya. Begitu juga ketika bekerja, Anda merasa berat harus setiap hari bangun pagi ke kantor dan pulang sore bahkan bisa malam hari. Tapi itulah proses yang harus dijalani. Ada masa di mana Anda kuliah, ada masa di mana kemudian Anda diwisuda. Ada masa di mana Anda harus bekerja, ada masa di mana kemudian Anda akan menerima gaji.

Seperti pepatah yang mengatakan bahwa bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Artinya, perbuatan yang walaupun terasa berat di awal, namun dapat menghasilkan hasil yang baik yang membuat Anda senang di kemudian hari. Ada harga yang harus Anda bayar sebelum merasakan hasil yang menyenangkan pada akhirnya.

Jadi, walaupun Anda tidak mengerti terhadap segala sesuatu yang terjadi dalam hidup Anda, percayalah jika segala sesuatu terjadi indah pada waktunya. Jangan bersusah payah sendirian memperjuangkan hidup Anda, tetapi berserahlah kepada Tuhan. Biarlah Dia yang mengatur hidup Anda hari ini dan juga masa depan Anda.

Semoga ketika Anda melewati masa yang susah, Anda tetap bisa sabar menanti masa yang indah di dalam hidup Anda.

” Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir. Pengkhotbah 3:11. ”

Tidak ada komentar: