Minggu, 25 Juli 2010

Memberi

Memberi tidak harus selalu dikaitkan dengan uang. Namun kita bisa memberikan apapun yang dapat kita berikan untuk membantu orang lain, seperti waktu dan tenaga.

Memberi adalah tanggung jawab sosial yang harus dilakukan setiap manusia untuk menolong orang lain yang membutuhkan. Memberi dengan keikhlasan membutuhkan suatu pengorbanan, dan itu tidak mudah dilakukan karena harus mengesampingkan kepentingan diri sendiri dan menomorsatukan kepentingan orang lain.

Jika kita ingin menerima sesuatu, maka kita harus belajar untuk memberi terlebih dahulu. Seperti sebuah mangkuk yang penuh dengan air, mangkuk tersebut harus dikosongkan terlebih dahulu agar bisa diisi kembali dengan air. Jika tidak, maka mangkuk itu tidak akan bisa menerima air yang baru lagi. Dan jika diisi, maka hanya akan menjadi sia-sia, karena airnya akan tumpah tanpa memberikan arti.

Kita akan menerima, sejauh mana kita bisa memberi. Memberi adalah berbagi apa yang kita miliki untuk melengkapi apa yang orang lain tidak miliki. Dengan memberi, berarti kita berbagi kebahagiaan dengan orang lain.

Bayangkan betapa indah hidup ini, jika manusia dapat saling memberi. Jika ada sikap saling memberi, maka tidak akan ada yang merasa kekurangan. Dengan memberi, kita telah menunjukkan kepedulian pada hidup orang lain.

Berilah apa yang bisa kita beri. Mulailah belajar memberi kepada orang di sekeliling kita. Kita tidak akan tahu seberapa berharganya pemberian kita sebelum kita melakukannya. Jadi, kita harus dapat peka terhadap kebutuhan orang lain.

Misalnya, ketika teman kita kesulitan ekonomi, kita bisa meminjamkannya terlebih dahulu. Ketika teman sedang sakit, kita bisa memberikan waktu kita untuk menjaganya. Dan ketika teman pindah rumah, kita bisa memberikan tenaga kita dengan membantunya.

Dengan memberi, orang lain akan sangat berterima kasih kepada kita. Namun kiranya segala bentuk pemberian adalah ikhlas tanpa mengharapkan suatu imbalan dan untuk mencari perhatian. Milikilah sikap yang tulus dalam memberi.

Jadi, marilah kita belajar untuk memberi. Dengan memberi, berarti kita peduli dan mau memperhatikan kepentingan orang lain. Jadikanlah hidup kita ini berarti dengan memberikan apa yang bisa kita berikan kepada orang lain.

Tidak ada komentar: