Senin, 19 Juli 2010

Meminta Maaf

Setiap manusia tidak luput dari kesalahan. Semua orang pernah berbuat salah, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Kesalahan yang dilakukan pasti akan merugikan dan melukai hati orang lain.

Anda harus menyadari segala perkataan dan perbuatan anda yang salah. Jika anda telah menyadarinya, berarti anda telah memahami kondisi yang telah terjadi, dan sudah seharusnya jika kemudian anda meminta maaf kepada orang yang telah anda sakiti itu.

Namun, maaf adalah kata sederhana yang sulit diucapkan dan memiliki makna yang besar. Meminta maaf berarti anda menyadari kesalahan dan tidak akan mengulanginya lagi.

Meminta maaf tidak semudah membalikkan telapak tangan karena mula-mula anda perlu berdamai dengan diri sendiri dan mengakui kesalahan pribadi. Mengakui kesalahan berarti menurunkan harga diri anda. Anda harus melepaskan ego anda.

Jika anda belum juga meminta maaf, anda akan dihantui perasaan bersalah terus menerus. Dengan anda meminta maaf, anda telah melepaskan beban akibat kesalahan anda sehingga akan ada kelegaan di hati anda.

Belajarlah untuk tidak mempertahankan ego anda, tapi akuilah kesalahan. Carilah waktu yang tepat untuk anda meminta maaf. Terkadang lebih cepat lebih baik, namun terkadang sebaliknya. Terkadang akan lebih baik jika anda meminta maaf dengan kepala dingin dan ketika perasaan anda sudah lebih tenang.

Meminta maaflah dengan sungguh-sungguh. Akui benar-benar kesalahan anda. Jangan cari pembenaran. Tunjukkan bahwa permintaan maaf itu tulus, dan ada keinginan kuat untuk memperbaiki hubungan.

Tetapi terkadang anda harus bersabar, karena tidak semua permintaan maaf akan langsung diterima. Berilah waktu untuk orang yang anda mintai maaf untuk bisa menerima permintaan maaf anda. Anda harus mengerti bagaimana perasaannya sehingga anda sadar untuk tidak mau lagi mengulangi kesalahan.

Jadi, jagalah sikap anda. Berhati-hatilah dalam setiap perkataan dan perbuatan, jangan sampai anda mengulangi kesalahan yang sama sehingga menyakiti orang lain lagi. Berpikirlah dengan bijak sebelum anda bertindak.

Hindari kesalahan, namun jika terjadi kesalahan, milikilah sikap yang rendah hati dan tinggalkan kesombongan anda untuk mengakui bahwa anda salah. Mari belajar untuk meminta maaf. Biarlah permintaan maaf anda itu tulus sehingga akan ada hubungan yang diperbaiki setelah anda meminta maaf.

Tidak ada komentar: