Sabtu, 04 September 2010

Berdoa

Berdoa adalah bentuk komunikasi kita dengan Tuhan. Lewat doa, kita bisa menyampaikan segala isi hati kita kepada-Nya. Doa adalah ibadah dan dilakukan sebagai wujud dari iman.

Setiap manusia pasti pernah berdoa. Ada yang melakukannya dengan tekun setiap hari. Seringkali doa yang diucapkan berisi tentang permohonan kita agar Tuhan mengabulkannya.

Bermacam-macam isi doa kita. Bagi yang percaya, doa seperti nafas rohani. Tanpa doa, hidup terasa kurang bernyawa, karena lewat doa akan timbul ketenangan dan kekuatan ketika kita lemah.

Berdoa berarti mencurahkan perasaan kita kepada Tuhan. Dan percayalah jika Dia pasti mendengarkannya karena Dia peduli pada setiap orang yang berseru kepada-Nya. Telinga-Nya tidak kurang panjang dan hati-Nya tidak kurang peka. Dia adalah Tuhan Yang Maha Tahu dan Pengasih.

Namun terkadang tidak semua doa kita itu dikabulkan. Terkadang kita langsung merasa kecewa kepada Tuhan. Dan itu salah. Karena kita tidak memiliki hak untuk menghakimi Tuhan. Dia tahu apa yang harus Dia lakukan dalam hidup kita.

Ketika kita berdoa, yang harus dilakukan adalah percaya dan berserah sepenuhnya jika Dia pasti memberikan yang terbaik. Dan Tuhan akan menjawab doa kita dalam tiga bentuk, yaitu iya, tidak, dan ada yang lebih baik.

Jika ”iya”, berarti doa kita itu baik dan sesuai dengan rencana Tuhan. Jika ”tidak” berarti apa yang kita doakan bukan yang terbaik menurut-Nya. Dan jika ”ada yang lebih baik” berarti Tuhan akan memberikan apa yang bukan doa kita dan itu adalah yang terbaik. Yang harus kita lakukan adalah sabar dan terus berusaha hingga Tuhan menjawab setiap doa kita. Menunggulah dengan setia dan percaya, karena janji-Nya iya dan amin.

Ora et labora. Berdoalah dan bekerja. Kita harus tetap berusaha, jangan hanya cuma berdoa. Karena doa tanpa perbuatan sama dengan sia-sia.

Jadi, tetaplah setia dalam mendoakan apa yang kita harapkan. Jangan pernah lelah. Tuhan pasti mendengarkan dan akan menjawab setiap doa kita seturut dengan kehendak-Nya.

Tidak ada komentar: