Minggu, 05 September 2010

Karisma vs. Karakter

Karisma dapat membuat seseorang mencapai puncak kesuksesan, tetapi hanya karakter yang dapat membuat seseorang tetap bertahan di puncak kesuksesan itu.

Karisma berbicara tentang pesona dan daya tarik seseorang seperti kecantikan, ketampanan, kepintaran dan prestasi yang bisa membuat seseorang dipuja dan meraih kesuksesan. Karisma adalah sebuah anugerah.

Sedangkan karakter berbicara tentang sikap moral dan tingkah laku seseorang yang harus dibentuk oleh pribadi masing-masing. Tingkah laku yang dilakukan berulang kali akan membentuk kebiasaan, dan kebiasaan akan membentuk karakter.

Karakter adalah sesuatu yang harus diperjuangkan. Ada proses yang harus dilewati agar bisa memiliki karakter yang baik. Butuh komitmen yang dijalankan secara konsisten dalam pembentukan karakter.

Dan banyak contoh tokoh terkenal yang memiliki karisma yang luar biasa. Karismanya membuat dia cepat terkenal. Banyak orang mengidolakannya karena bakat dan prestasinya. Namun, ternyata karismanya tidak mampu membuatnya terus berada di atas karena dia tidak memiliki karakter yang baik dan kuat yang bisa membuatnya tetap bertahan. Orang itu tersandung kasus narkoba, kriminal, dan hal negatif yang akhirnya membuat dia jatuh.

Bentuklah karakter dengan hal-hal positif. Banyak orang yang melakukan hal yang benar jika ada orang yang melihatnya, tetapi mereka tidak melakukannya jika tidak ada orang yang melihatnya. Namun, seharusnya lakukanlah hal yang benar karena itu adalah benar dan bukan karena motivasi agar dilihat oleh orang lain.

Jadi, karisma memang penting, namun yang terpenting adalah bagaimana karakter seseorang. Dalam membangun karisma, jangan lupa juga untuk bekerja keras membangun karakter. Karisma dan karakter yang seimbang akan membuat seseorang terus berada di atas puncak kesuksesan.

Tidak ada komentar: