Jumat, 28 Oktober 2011

Berani Melawan Arus Layaknya Salmon

Salmon adalah ikan yang mahal. Dagingnya sangat lembut dan bernilai gizi tinggi. Salmon adalah ikan yang berbeda dari yang lain. Salmon lahir di sungai, bermigrasi ke lautan, lalu kembali ke sungai untuk bertelur. Saat ikan-ikan salmon ingin bertelur, mereka akan berkumpul dan berbondong-bondong berenang kembali ke sungai dengan melawan arus sejauh ribuan mil yang penuh rintangan. Perjuangan hidup dan mati yang luar biasa.

Pembelajaran yang dapat kita ambil dari ikan salmon adalah nyali mereka tidak menciut walaupun resiko yang diambil begitu besar ketika berenang melawan arus. Mereka menghadapi semuanya demi sebuah tujuan, yaitu bertelur.

Begitu juga dengan manusia. Kita harus berani menghadapi segala resiko demi menggapai sebuah tujuan. Jika tujuan yang ingin kita capai bersifat "melawan arus" atau berbeda dari yang lain (dalam konteks yang positif), maka janganlah gentar. Menjadi berbeda memang tidak mudah dan lebih banyak tantangan yang harus dihadapi.

Dalam hidup ini pasti terdapat resiko. Tujuan kita akan semakin dekat jika kita berani menghadapi resiko tersebut. Berenang mengikuti arus memang mudah bahkan tak perlu mengeluarkan tenaga. Tapi, maukah kita seperti "ikan mati" yang nasibnya ditentukan oleh kemana arus mengalir?

Dan banyak orang yang memilih hidupnya dengan mengikuti arus yang biasanya orang kebanyakan ikuti. Mereka tidak berani melakukan hal berbeda, padahal mereka bisa jika mereka berani.

Ya, ambil saja contoh umum. Ketika banyak orang melakukan mencontek, merokok, free sex, korupsi, menggunakan narkoba, tawuran, dan lain sebagainya, maka kita harus berani untuk tidak mengikuti hal-hal yang tidak baik disekitar kita.

Dalam tujuan hidup, jangan menjadi orang medioker (orang-orang kebanyakan). Orang medioker meyakini bahwa dirinya hanyalah manusia biasa yang tidak memiliki kemampuan yang luar biasa. Alhasil, mereka tidak berani bermimpi dan melakukan hal-hal yang berbeda dari orang-orang lain. Sehingga mereka benar-benar menjadi biasa padahal sebenarnya banyak hal luar biasa yang bisa mereka lakukan jika mereka berani menghadapi tantangan yang berbeda.

Saya bukanlah "ikan mati" yang dihanyutkan oleh arus air. Tapi saya adalah "ikan salmon" yang berani berenang melawan arus yang deras.

Tidak ada komentar: