Sabtu, 30 Juli 2016

Mataku Sekarang Minus!

Baru kusadari
Betapa berartinya mata ini
Saat penglihatanku
Tak sebaik dulu

Tanggal 2 April 2016 lalu, gue ke Klinik Mata Nusantara (KMN) untuk periksa mata karena matanya suka perih, terasa seperti sering ada kotoran, penglihatan jadi kabur, dll. Ini merupakan pertama kalinya gue periksa mata. Dan kata dokter, mata gue sekarang minus; mata kiri minus 1,25 dan mata kanan minus 0,5.

Minusnya masih kecil, sih. Tapi gue sedih, karena sekarang gue nggak bisa melihat objek yang jauh dengan jelas. Bisa sih, kalau pakai kacamata/softlens (tapi kayaknya nggak berani coba pake softlens).

Kalau nggak pake kacamata, gue nggak bisa membaca tulisan yang jaraknya sekitar tiga meter lebih dari gue (kondisi cahayanya terang). Kalau cahayanya agak gelap, lebih susah lagi. Kalau sekadar main HP/ komputer nggak perlu pake kacamata, tapi kalau kelamaan, agak nggak enak di mata, jadinya gue udah mulai kebiasaan pake kacamata setiap saat (kecuali mandi/tidur).

Gue pertama kali pakai kacamata itu tanggal 10 April 2016. Pas baru memakai kacamata, gue merasa dilihatin orang-orang (kepedean & baper). Juga merasa pusing karena ada benda asing menempel di wajah dan pandangan mata yang nggak sebebas melihat dengan mata normal.

Bulan pertama pake kacamata, gue merasa aneh. Tapi, lama-lama ya udah terbiasa dan nggak mau mengeluh lagi. Anggap aja kacamata itu aksesori fashion buat memper-kece penampilan hahaha.

Nah, buat kalian yang belum pernah cek mata, sebaiknya minimal setahun sekali dicek ke dokter. Karena berguna banget buat tahu kondisi mata sendiri. Seperti gue, yang ternyata selain minus, anatomi mata kiri gue abnormal sehingga lebih lemah daripada mata kanan gue.

Apapun yang terjadi dengan mata gue saat ini, gue mau bersyukur karena setidaknya gue diberikan kesempatan sama Tuhan untuk bisa melihat normal selama 25 tahun. Minus mata gue juga masih ringan dibanding orang-orang yang gue kenal (gue sempat menanyakan ke beberapa orang, dan ternyata mata mereka lebih parah minusnya). Sekarang yang bisa gue lakukan ialah menjaga kedua mata gue biar minusnya nggak nambah dan nggak malah nambah penyakit mata lainnya.

Kalau suatu hari mata gue bisa kembali normal itu mujizat. Tapi minimal jangan tambah parah minusnya dan nggak terkena penyakit mata lainnya. Amin! :)