Rabu, 28 Desember 2016

Ulasan Film Indonesia "Cek Toko Sebelah"


"Cek Toko Sebelah" meramaikan daftar film Indonesia akhir tahun yang layak untuk ditonton. Film bergenre drama komedi keluarga Tionghoa ini diproduksi oleh Starvision dan sudah tayang mulai hari ini di bioskop. Berikut ulasan/review-nya:"

Sinopsis Film Cek Toko Sebelah

Erwin (Ernest Prakasa) memiliki karier yang sukses di usia muda, dan kekasih yang juga wanita karier sukses bernama Natalie (Giselle Anastasia). Namun, saat sedang menikmati kesuksesannya itu dan akan mendapatkan promosi kerja ke Singapura, kesehatan ayahnya Erwin yakni Koh Afuk (Chew Kin Wah) memburuk. Koh Afuk pun ingin mewariskan toko sembakonya kepada Erwin, anak kesayangannya. 

Sementara itu, Yohan (Dion Wiyoko) adalah kakak Erwin yang berbeda karakter dan nasibnya. Ia begajulan dan menghadapi kesulitan ekonomi bersama istrinya Ayu (Adinia Wirasti). Hubungan Yohan dan Koh Afuk juga kurang harmonis, meski ia yang selalu ada untuk keluarga. Yohan begitu kecewa dan merasa iri karena Koh Afuk selalu lebih percaya dengan Erwin. 

Apakah Erwin akan melanjutkan karier atau toko ayahnya, menjadi masalah dilematik karena semuanya bersifat personal. Jika ia melanjutkan karier, maka ia membuat ayahnya kecewa. Namun jika ia memilih toko, maka ia membuat Natalie kecewa. Sedangkan Yohan juga berada dalam kondisi yang serba salah di tengah-tengah keluarga. Semua konflik akan terselesaikan di akhir film ini.

Kelebihan Film Cek Toko Sebelah

- Ernest Prakasa yang masih terbilang baru di industri perfilman, ternyata mampu membuat film dengan cerita yang fresh. Ia mampu menjalankan tiga perannya sebagai sutradara, penulis naskah, sekaligus aktor, dengan baik dan seimbang.

- Konflik keluarga seperti dalam film ini sudah familiar terjadi di kehidupan masyarakat Tionghoa. Jadi, mungkin akan terasa personal bagi sejumlah keluarga Tionghoa, dan juga bagi mereka yang dalam kehidupan sehari-hari berbaur dengan masyarakat Tionghoa. 

- Jalan ceritanya mengalir dengan baik. Penonton akan dibuat tertawa dan galau berkali-kali. 

- Film ini menghadirkan banyak pemeran pendukung, mulai dari komika, komedian, YouTuber, hingga Kaesang, anak Presiden Jokowi. Mereka punya peran untuk menghadirkan unsur komedi dalam film ini, sehingga menyeimbangi unsur drama yang membuat galau. 

- Akting Dion Wiyoko paling jempolan. Ia berhasil membuat penonton merasakan apa yang Yohan rasakan. 

Kekurangan Film Cek Toko Sebelah

Menurut saya, akting Chew Kin Wah, aktor Malaysia pemeran Koh Afuk, kurang masuk ke dalam suasana yang dibangun (entah itu pas scene lucu/sedih) atau serba nanggung. Sayang sekali, padahal dia punya peran yang penting dan sering muncul dalam film ini. 

Tidak ada komentar: