Rabu, 12 April 2017

Saat Alien Menyerang Indonesia



Mengungkap fakta bahwa ada orang yang menyalahgunakan agama, malah dituding provokatif.

Mengungkap fakta bahwa ada orang yang rasis, malah dituding provokatif.

Mengungkap fakta bahwa ada kaum intoleran yang menggunakan sentimen SARA untuk mendiskriminasi minoritas, malah dituding provokatif.

Minoritas seringkali dibungkam untuk mengungkapkan ketidakadilan yang pernah dan sedang dialaminya. Kaum intoleran berusaha untuk memutarbalikkan fakta kejahatan yang pernah dilakukan mereka. 

Memang masih susah untuk mengungkap dan menerima fakta kelam untuk menjadi pembelajaran/peringatan tentang pentingnya suatu kebaikan dan melawan intoleransi di negeri ini. Masih banyak yang begitu naif dalam menghadapi masalah dan sensitif menghadapi realita. Ketika ada yang berani bersuara, malah dialah yang dituding sebagai provokator. Orang yang hanya ingin melawan oknum kaum intoleran, malah dialah yang difitnah sebagai pembenci semua golongan yang kebetulan beragama/beretnis sama dengan oknum tersebut.

Namun, haruskah minoritas diam dan bermain aman? Tentu saja tidak! Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) adalah salah satu orang terpenting saat ini yang sedang berjuang memenangkan pertandingan melawan intoleransi dan kriminalisasi. 

Jumlah kaum intoleran tentunya tidak sebanyak kaum waras Pancasila. Orang-orang baik yang memegang teguh prinsip Bhinneka Tunggal Ika memang jauh lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak ramah terhadap keberagaman. Namun, orang-orang baik tersebut belum semuanya mau/berani bersuara. Akan tetapi, saya optimis bahwa dengan hadirnya sosok Ahok dan Djarot Saiful Hidayat bisa mewakili kaum waras Pancasila untuk menyerukan bahwa semua warga negara Indonesia apapun suku dan agamanya; berhak untuk mendapatkan hak yang sama di negeri ini.

Asudahlah! Tulisan ini terlalu serius. Sebenarnya, saya hanya ingin berandai-andai kalau mungkin suatu hari nanti saat alien datang ke bumi dan menyerang Indonesia, barulah kita semua sadar bahwa kita ini sama-sama manusia yang harus selalu saling menjaga tanpa memandang SARA. Mungkin jika alien benar-benar ada dan menyerang Indonesia, barulah kita bisa bersama-sama menjaga keutuhan Tanah Air tanpa memandang SARA. Karena yang terpenting ialah alien kalah dan bumi selamat, sehingga kita bisa hidup seperti sedia kala lagi.

Tidak ada komentar: